Jenis Izin Usaha Perikanan Tangkap

doktorhukum.com – Kegiatan usaha perikanan tangkap adalah kegiatan usaha yang fokus pada kegiatan penangkapan ikan dilaut dan pengangkutan ikan untuk dijual dan dipasarkan.

Setidaknya terdapat 3 (tiga) jenis perizinan yang perlu diketahui untuk melakukan kegiatan usaha perikanan tangkap tersebut sesuai UU No. 31 Tahun 2004 sebagaimana telah diubah menjadi UU No. 45 Tahun 2009 tentang Perikanan (“UU Perikanan”), yaitu:

  1. Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP)  Surat Izin Usaha Perikanan adalah izin tertulis yang harus dimiliki perusahaan perikanan untuk melakukan usaha perikanan dengan menggunakan sarana produksi yang tercantum dalam izin tersebut.”
  2. Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) adalah izin tertulis yang harus dimiliki setiap kapal perikanan untuk melakukan penangkapan ikan yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari SIUP.
  3. Surat Izin Kapal Pengangkut Ikan (SIKPI) adalah izin tertulis yang harus dimiliki setiap kapal perikanan untuk melakukan pengangkutan ikan.

Untuk mengetahui bagaimana syarat dan prosedur untuk mendapatkan SIUP, SIPI atau SIKPI, maka dapat melihat Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 30/MEN/2012 sebagaimana telah diubah menjadi Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 26/PERMEN-KP/2013 sebagaimana telah diubah menjadi Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 57/PERMEN-KP/2014  Tentang Usaha Perikanan Tangkap Di Wilayah Pengelolaan Perikanan Republik Indonesia.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *